Ini Lho Tips Bertani Organik, Sawi serta Bayam Menjadi Kombinasi yang Menjanjikan

Jikalau Anda amati, sayuran organik di pasar swalayan dihargai lebih mahal daripada sayuran tidak berlabel organik. Hal ini masuk logika karena cuma sedikit petani yang menanam sayuran organik. Selain rumit, risiko serangan hama jadi alasan mengapa tak banyak petani terjun ke pertanian organik.

Padahal, membuat pertanian organik tak sesusah yang kita bayangkan. Apalagi yang gemar berkebun. Ketika ini beberapa pestisida organik telah banyak tersedia di pasaran. Cek informasi mengenai cara memanipulasi data agar variabel signifikan.

Pestisida ini terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan, seperti tanaman mimba. Jika di sekitar Anda belum ada, jangan putus harapan. Kita dapat memanfaatkan bahan-bahan yang telah ada, seperti air tembakau untuk menolak sebagian kutu atau bawang putih untuk menolak beberapa hama.

Sistem mudah lainnya adalah dengan mengkombinasikan sebagian tanaman dalam satu lahan. Pengkombinasian ini sebagian besar didapat dari pengalaman para petani. Salah satu yang sederhana adalah mengkombinasikan antara bayam serta sawi. Dikala sedang mempersiapkan bedeng untuk tanaman sawi, tanpa sengaja benih bayam jatuh.

Saat sawi tumbuh, ada sebagian bayam yang juga tumbuh. Terbukti, sawi yang berada di dekat bayam keadaannya lebih bagus dibandingkan dengan sawi yang jauh dari bayam.

Saya lalu mencoba menanam dua atau 3 bedengan sawi yang disisipi satu bedengan bayam, ternyata keadaan sawinya baik-bagus. Tidak terserang hama serta ulat, padahal bayamnya rusak berat karena diserang ulat serta hama lainnya. Jadi, bayam dapat diaplikasikan sebagai tanaman penjebak sehingga sawi dapat tumbuh dengan baik.

Dari hal di atas, kita bisa mencoba mengkombinasikan satu tanaman dengan tanaman lain dalam penanamannya untuk mengurangi pengaruh hama. Masih cukup banyak kombinasi tanaman yang dapat menguntungkan satu sama lain. Tinggal kita mencarinya yang layak dengan keperluan. Dengan metode yang sederhana ini maka kita ikut serta serta menjaga lingkungan.